Warga Cikupa Tangerang Resah Pabrik Cemari Lingkungan


 

Tangerang, 21/7/2011

Warga yang bermukim di Desa Budi Mulya, Kecamatan Cikupa dan Desa Matagara Kecamatan Panongan, Kabupaten Tangerang, Banten, resah karena beberapa pabrik di lingkunan mereka diduga mencemarkan udara sekitar.
“Kami sudah beberapa kali memberikan laporan kepada arapat desa maupun kecamatan untuk menegur perusahaan pencemaran lingkungan, tapi tidak ditanggapi,” kata Jainal (36) warga Desa Budi Mulya, Cikupa dihubungi di Tangerang, Kamis.
Dia mengatakan, warga lainnya juga sudah melakukan aksi protes terhadap keberadaan pabrik peleburan baja di wilayah mereka agar diambil tindakan oleh pemerintah daerah tapi belum ada solusi terbaik.
Pernyataan tersebut sehubungan pabrik PT Sanex Steel Indonesia (SSI) dan PT Lautan Steel (LS) di Desa Matagara, Kecamatan Panongan karena dianggap mencemarkan udara sehingga lingkungan warga merasa tidak nyaman akibat mengirup udara kotor.
Menurut Usman (39) warga Desa Budi Mulya dan Saidin Ali (40) penduduk Matagara bahwa upaya untuk menegur pimpinan pabrik merupakan langkah terbaik karena dianggap sebagai penyebab pencemaran udara.
Bahkan warga memasang spanduk bernada protes terhadap keberadaan pabrik tersebut pada halaman depan perusahaan itu.
Pada spanduk tersebut bertuliskan,”Anda Memasuki Kawasan Polusi Bebas”, Tindak Tegas Pengusaha Pencemar Lingkungan”, dan “Awasi Pemcemaran Lingkungan”.
Sementara itu, di tempat terpisah, Direktur PT SSI Said Teglageni mengatakan pihaknya membenahi peralatan dan berjanji akan memenuhi semua ketentuan pemerintah terkait pencemaran.
“Kami mematuhi semua aturan dan mengharapkan karyawan juga tidak mengabaikannya,” kata Direktur pabrik yang memperkerjakan sekitar 1.000 buruh itu.
Kepala Bidang Bina Hukum dan Lingkungan Badan Lingkungan Hidup Daerah Pemkab Tangerang, Karnata mengatakan pihaknya sudah melayangkan surat kepada pimpinan PT SSI dan SI agar menutup empat tunggu peleburan baja karena dapat mencemarkan polusi udara.
Karnata mengatakan, surat teguran itu sudah empat dikirimkan ke pimpinan pabrik agar mereka memperbaiki kondisi pabrik termasuk tungku peleburan baja.

About Si raja pemimpi

Bekerjalah untuk duniamu seolah olah kamu hidup selamanya,dan beramal lah untuk akhiratmu seolah olah kamu akan mati besok. View all posts by Si raja pemimpi

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: